Senin, 18 Maret 2013

Abstrak

Muslim, Muhammad, 2012. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di  MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Muhaimin, MA (II) Dr. H.M. Samsul Hady, M.Ag.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Studi ini berawal dari pengamatan penulis terhadap fenomena peningkatan kualitas pendidikan di MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang yang mengalami perkembangan yang baik dan menjadi salah satu Madrasah yang terpercaya di masyarakat. Mereka tertarik tertarik dengan konsep dan gagasan tentang pengembangan madrasah. Hal ini tidak bisa terlepas dari Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan dalam upayanya menjadikan madrasah ini tetap eksis di tengah tantangan global. Berdasarkan fenomena tersebut, maka jelas bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.
Penelitian ini berusaha memaparkan keberadaan Kepala Madrasah dalam perubahan dan pembaharuan pendidikan serta kondisi warga madrasah dalam memahami pentingnya peningkatan kualitas penddidikan, oleh karena itu studi ini diberi judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang”. Fokus penelitian ini di tekankan pada sejauh mana peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab itu permasalahan di fokuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala MTsN Tempursari dalam meningkatkan kualitas pendidikan (2) Bagaimana Peran Kepala MTsN Dalam Upaya meningkatkan kualitas pendidikan (3) Hambatan-hambatan apa saja yang di alami dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan (4) Bagaimana solusi dalam menghadapi hambatan-hambatan yang dialami.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilalukan memlalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara (1) reduksi data, (2) Penyajian data (3) penarikan kesimpulan.
Dari hasil kajian data diperoleh : Gaya kepemimpinan kepala MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, mengunakan gaya demokratis. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala madrasah selalu mengedepankan kerjasama dengan para bawahan. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan pengertian untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala madrasah selalu memberi contoh, selalu memberi dorongan, selalu memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan, dan senantiasa berusaha membangun semangat anggota-anggotanya dan selalu berusaha mencari solusi terbaik dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dialami madrasah, sehingga program-program madrasah berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar